Rabu, 26 Desember 2012

Malam Tahun Baru, Jam Operasi Bus Transjakarta Hanya Sampai 18.30 WIB


Penulis : Selamat Saragih

JAKARTA--MICOM: Pada malam pergantian tahun baru 2012 - 2013 operasional busway dipersingkat sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya beroperasi hingga pukul 23.00 WIB, maka pada 31 Desember ini hanya beroperasi hingga pukul 18.30 WIB.

"Masyarakat diharapkan bisa menyesuaikan perjalanan dengan operasional busway," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Udar Pristono, di Jakarta, Selasa (25/12).

Menurutnya, kebijakan ini diambil guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Akhir tahun ini berbeda dengan biasanya saat malam pergantian tahun. Karena Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya akan menggelar Car Free Night (CFN) di sepanjang Jl Sudirman-Jl Thamrin-Jl Medan Merdeka Barat.

Sementara pertimbangan lain yakni melihat situasi lalu lintas di sejumlah ruas jalan Ibu Kota diperkirakan mengalami kemacetan yang cukup parah, karena banyaknya warga Jakarta merayakan pesta pergantian tahun di luar rumah, jelas Pristono.

"Penghentian pengoperasian bus Trans-Jakarta saat malam pergantian tahun hanya bersifat sementara. Karena berdasarkan pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya, hampir seluruh ruas jalan di DKI Jakarta mengalami kemacetan cukup parah sehingga menyulitkan laju perjalanan busway," kata Pristono.

Masyarakat diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan operasional bus Trans-Jakarta dipersingkat. Angkutan umum lainnya bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian, lanjut Pristono.

"Kami juga memberikan kesempatan bagi awak bus Trans-Jakarta untuk bisa merayakan malam tahun baru," ujarnya.

Menurut Pristono, dengan tidak dioperasikannya bus Trans-Jakarta menjelang malam pergantian tahun, jalur bus Trans-Jakarta dapat digunakan kendaraan lain. Sehingga tidak ada lagi jalur khusus dan bisa menambah kapasitas jalan yang ada.

Pristono menegaskan, dipersingkatnya operasional bus Trans-Jakarta hanya berlaku saat malam pergantian tahun (tepat pada 31 Desember 2012. Sementara esok harinya operasional busway akan beroperasi seperti biasa. "Ini hanya satu hari saja, selanjutnya normal kembali," tandasnya. (Ssr/X-13) 

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/25/372410/35/5/Malam-Tahun-Baru-Jam-Operasi-Bus-Trans-Jakarta-Hanya-Sampai-18.30-WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar