Selasa, 11 Desember 2012

BTP: Idealnya SPBG Ada di Tiap Koridor

 
Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama (BTP) menyatakan pengangkutan Transjakarta baru bisa berjalan efektif jika setiap koridor dilengkapi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas. “Kalau setiap koridor ada satu (SPBG), dekat masuknya, jadi penumpang tidak numpuk. Konsepnya seperti itu,” kata Basuki usai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan proyek-proyek Pertamina di Markas Komando Lintas Laut Militer, Kamis, 6 Desember 2012.

Keinginan DKI membangun 15 koridor Transjakarta harus dilengkapi dengan 15 SPBG. Pemerintah provinsi akan merapatkan permintaan tersebut dengan Pertamina dan Perusahaan Gas Negara. “Tadi sudah bisik-bisik dengan Dirut Pertamin dan PGN, SPBG harus ditambah, kami harapkan minimal setiap koridor Transjakarta ada satu SPBG,” kata dia.

Saat ini ada lima SPBG aktif di Jakarta, yaitu di kawasan Daan Mogot, Jalan Pemuda, Kampung Rambutan, Pinang Ranti dan Pancoran. Minimnya SPBG membuat banyak bus Transjakarta terpaksa mengantre panjang, karena proses pengisian gas lama. “Sekarang Daan Mogot sudah enak nih, kalau koridor lain kan jauh,” kata dia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin meresmikan delapan proyek Pertamina senilai US$ 15,8 juta atau setara dengan Rp 150,1 miliar. Menggunakan KRI Makasar 590, peresmian dilakukan sembari meninjau langsung Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat senilai US$ 93,28 juta. Unit Gasifikasi yang terletak di perairan Teluk Jakarta yang memasuki provinsi Jawa Barat ini rencanya akan menjadi pasokan gas bumi bagi Jakarta dan sekitarnya, yang dialirkan melalui pipanisasi.

“Ini dapat menghemat subsidi listrik dari pemakaian BBM oleh PLN sebesar Rp 16 triliun per tahun,” kata Karen Agustiawan, Direktur Utama Pertamina.[Tempo.co]

Sumber :  http://ahok.org/berita/news/btp-idealnya-spbg-ada-di-tiap-koridor/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar