Selasa, 18 Desember 2012

Jokowi Akan Siapkan Bus Transjakarta Khusus Wanita


Reporter : Muhammad Sholeh

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan menyediakan bus Transjakarta khusus untuk wanita. Sebab, tahun depan Pemprov DKI akan mendatangkan 200 bus baru pada bulan Januari dan pada Juni kembali mendatangkan 600 bus Transjakarta.

"Di lihat besok armadanya memungkinkan atau tidak, saya kira Januari sudah nanti mungkin ada yang khusus (wanita) kalau diperlukan," kata Jokowi usai makan di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta, Selasa (11/12).

Untuk mempersiapkan bus Transjakarta khusus wanita tersebut, Jokowi akan membahasnya Januari tahun depan. Sebab, untuk bulan Januari sudah ada tambahan bus.

"Kami mau lihat di lapangannya seperti apa, kalau memang sudah tidak desak-desakan lagi ya mungkin tidak, tapi kalau masih desak-desakan ya mungkin di adakan yang bus khusus," jelas Jokowi.

Wacana penyediaan bus Transjakarta khusus wanita ini karena sering terjadi pelecehan seksual terhadap wanita. Jokowi pernah mengusulkan agar ada tambahan bus biar tidak desak-desakan.

"Solusinya tambah bus, kalau bisa ditambah, tidak akan berdesak-desakan, kalau gitu ya gak akan terjadi pelecehannya. Itu saja," kata Jokowi pekan lalu.

Menurut Jokowi, setiap ada kasus pelecehan seksual sebaiknya diselesaikan secara hukum. Di luar itu, dari sisi pemberi layanan, solusinya adalah penambahan armada.

"Kalau busnya gak ditambah ya berdesak-desakan terus. Kalau sore pagi kaya begitu terus, ya mau gimana. Satu-satunya jalan ya itu saja. Nanti Januari kan tambah 200 bus, Juni nambah 600, nanti bisa selesai," tegas Jokowi.

Sumber:http://www.merdeka.com/jakarta/jokowi-akan-siapkan-bus-transjakarta-khusus-wanita.html

1 komentar:

  1. percuma ada bus khusus wanita,,,,yg laki2 sudah pasti main serobot masuk saja.
    On board nya pun diam saja kalau tahu ada pelecehan seksual di dalam busway.

    BalasHapus