Selasa, 11 Desember 2012

23 Bus Gandeng Transjakarta Segera Beroperasi



Ahok.Org – Pengguna bus Transjakarta akan semakin dimanjakan dengan akan beroperasinya sebanyak 23 bus Transjakarta. Armada baru jenis bus gandeng ini akan dioperasikan di koridor 1 (Blok M-Kota). Rencananya, puluhan bus gandeng sebagai pengganti bus yang ada di koridor 1 tersebut akan mulai beroperasi pertengahan bulan ini. 
 
“Busnya sudah ada di pool Damri di daerah Pesing, Jakarta Barat sejak Jumat kemarin. Tinggal proses surat menyurat, STNK dan KIR. Mudah-mudahan pertengahan Desember sudah bisa dioperasikan,” kata M Akbar, Kepala Unit Pelaksana (UP) Transjakarta, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (4/12).

Menurut Akbar, pengoperasian bus gandeng ini lebih cepat dari target. Awalnya, pengoperasian sebanyak 66 bus gandeng ini ditargetkan pada awal Januari 2013 mendatang. “Dari sisi waktu Januari harus jadi, tapi ternyata lebih awal. Sisanya yang 43 kemungkinan awal Januari,” ujarnya.

Dengan pengadaan bus gandeng ini dipastikan daya angkut penumpang lebih banyak. Jika bus tunggal hanya mampu mengangkut 85 penumpang sekali jalan, maka bus gandeng ini bisa mencapai 160 penumpang. “Kapasitasnya cukup besar, bisa menambah daya angkut,” katanya.

Seperti diketahui konsorsium untuk koridor I Jakarta Ekspress Trans (JET) telah habis kontrak pada 2011, kemudian diperpanjang hingga 2012. Damri merupakan konsorsium yang memenangkan tender untuk operasional koridor I selanjutnya. Pemenang tender diwajibkan mengadakan 66 bus gandeng untuk menggantikan bus yang ada.

Dalam pengadaan bus gandeng pihak Transjakarta hanya menentukan spesifikasinya saja, seperti bus gandeng, mesin CNG, serta kekuatan mesin. “Kita yang menentukan spesifikasinya tapi untuk memilih merek urusan operator,” ujarnya.[BeritaJakarta]

Sumber : http://ahok.org/berita/news/23-bus-gandeng-transjakarta-segera-beroperasi/

1 komentar:

  1. untuk desain busway,,,,,saya pribadi lebih senang bus gandeng yg BMP dan TMB desain sudah bagus.
    saya harap bus yang sudah ada jangan di hilang kan.

    BalasHapus