Senin, 10 Desember 2012

DKI Usulkan Pembangunan Koridor Busway Ciledug - Blok M




Penulis : Indra Akuntono

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengusulkan pembangunan koridor baru bus transjakarta jurusan Ciledug-Blok M. Usulan ini terungkap dalam rapat koordinasi antara Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta dan Komisi B DPRD DKI dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Kamis (1/11/2012), di gedung DPRD.

Saat ditemui seusai menghadiri rapat, anggota Komisi B Aliman Aat menjelaskan, usulan tersebut dilontarkan tim dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang memaparkan program unggulan di bidang transportasi. Alasan rencana pembangunan koridor baru ini adalah untuk meningkatkan pelayanan sekaligus mengurai kemacetan Ibu Kota.

"Ada tiga agenda yang menjadi skala prioritas pada rapat tadi, salah satunya adalah pembangunan koridor 13 itu," kata Aliman.

Selain usulan tentang pembangunan koridor 13, tim dari Dinas Perhubungan juga memaparkan dua program di bidang transportasi yang menjadi prioritas pada tahun depan, yakni mengenai rencana penambahan 450 unit bus transjakarta baru dan pengadaan 100 unit bus sedang. Ketiga prioritas dalam transportasi itu saat ini masih terus digodok bersama eksekutif dan legislatif sebagai pengawas.
Pada dasarnya, tak ada penolakan tegas dari DPRD DKI sebagai pihak yang memiliki hak budget. Namun, sandungan demi sandungan terus mencuat karena belum ada penjelasan secara rinci dari pihak Pemprov DKI kepada anggota dewan.

Di lain sisi, waktu penetapan APBD semakin dekat, bahkan terancam molor karena skema anggarannya belum jelas menyusul belum adanya pemetaan yang pasti.


Editor :
Hertanto Soebijoto

3 komentar:

  1. Bakalan macet banget tuh kalo tidak di sediakan jalur khusus atau fly over khusus Busway

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya..benar...kalo cuma motong lajur yang ada bisa tambah amburadul jalurnya...belum ada Busway aja uda macet, gmana uda ada Busway n lajurnya di potong 1 buat lajur Busway...gak kebayang deh..

      Hapus
  2. yaa setidak nya perlu mengontrolan untuk jalur khusus transjakarta busway.

    BalasHapus